Minggu, 16 Februari 2014

Tak Ada Alasan Untuk Tidak Kuliah



Seperti judul diatas, tak ada alasan untuk tidak kuliah, terkecuali satu alasan “tidak niat kuliah”. Nah itulah satu-satunya alasan yang dapat diterima. Nah bagaimana jika alasan ekonomi? Alasan tersebut tidak dapat diterima. Lhoh kan nggak ada duit buat bayar, berarti nggak bisa kuliah dong.. Siapa bilang nggak ada duit nggak bisa kuliah? Masih bisa tuh. Ah masak? Omomg doang tuh, mana buktinya? Bener-bener mau bukti? Banyak kok buktinya, saya buktinya. 

Bagaimana bisa? Nah itu pertanyaan wajib. Jika kamu niat kuliah, pasti bukan sekedar niat doang kan? Kalau memang cuma niat, siap-siap deh buat kecewa. 

Ketika kita ada niat, pasti harus ada usaha dong... Nah jika pengen kuliah nggak ada duit? Yaudah cari duit. Gampang kan? Tapi solusi ini tak segampang lidah ngomong kata-kata itu. Nah disini kita bakal diuji keseriusan kita dalam mencapai apa yang kita inginkan, yaitu kuliah. Sebagai usaha mu dalam pencapaian itu, kamu bisa membuat perencanaan jauh-jauh hari sebelum kuliah. Contohnya membuat perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah. Nah dari situ dapat dijadikan motivasi buat kamu mengumpulkan uang. Contoh realnya adalah saya. Sejak kelas 10, saya sudah memikirkan perencanaan kuliah. Lebay ya? Baru kelas 10 udah mikir kuliah hehe. Tapi apa daya, saya yang sadar akan perekonomian keluarga yang memang pas-pasan untuk makan dan biaya sekolah 2 orang anak harus memikirkan bagaimana saya kedepannya. Saya memang sudah dari awal menginginkan untuk lanjut di jenjang perguruan tinggi, dengan niat saya itu saya harus menerima resiko untuk memikirkan biaya, mengingat orangtua yang ingin melihat saya lanjut kuliah namun tak bisa berbuat apa-apa karena biaya tak ada. Saya pun bertekad untuk meraih mimpi itu. Dalam masa SMA ketika teman-teman asyik bermain, saya asyik memikirkan cara untuk mewujudkan apa yang saya inginkan. Saya jualan pulsa, nasi, jajanan, dan masih banyak lagi. Namun dibalik kesibukan mencari uang tersebut saya juga tetap bersosialisasi dengan lingkungan, bahkan saya tetap aktif di organisasi sekolah, yaitu osis dan pramuka serta kegiatan-kegiatan lain yang tentunya positif.

Target saya selama SMA adalah mengumpulkan uang untuk membeli laptop. Saya ingin ketika telah menjadi mahasiswa saya mempunyai laptop karena menurut saya itu merupakan nyawa mahasiswa. Nah biayanya gimana? Dari beasiswa. Ya, beasiswa. Selama berusaha mengumpulkan uang, saya juga berusaha mencari info beasiswa di internet. Dari situ saya ketahui bahwa ada beasiswa dari pemerintah bernama bidikmisi dimana selama 8 semester kita dibayari oleh pemerintah. Saya pun berniat untuk mendaftar beasiswa tersebut karena kondisi ekonomi saya juga memenuhi persyaratan.

Nah dari perjuangan selama SMA, akhirnya saya dapat mewujudkan apa yang saya inginkan. Sekarang saya dapat kuliah di jurusan yang bagus di Universitas ternama di Indonesia. Saya juga telah memiliki laptop yang selama ini saya dambakan. Dengan usaha, tekad dan doa saya dapat mewujudkannya.

Oh iya sekedar info, beasiswa bukan hanya bidikmisi, namun masih sangat banyak pihak yang memberikan beasiswa yang dapat kita ambil. Maka rajin-rajinlah untuk mengais informasi, jangan pantang menyerah. Kita harus menakhlukkan keadaan, bukan ditakhlukkan keadaan.

Jika saya bisa, kenapa kamu tidak? Kamu PASTI BISA. Yakinlah, PASTI BISA.

Jika ada yang perlu ditanyakan, ingin sharing, atau butuh motivasi, silahkan kontak saya di facebook maupun twitter. Saya sangat tidak keberatan dan akan senang, karena saya ingin berbagi sedikit ilmu ini. FB : Yana Fajriyana             Twitter : @yannafa

Salam Sukses

6 komentar:

  1. makasih sof, minta saran tulisannya dong.. masih jelek banget tuh tulisan :D

    BalasHapus
  2. Bagus yan.. (y) Lebih bagus lagi kalo lebih detail (y)

    BalasHapus
  3. iya sih vin.. kurang detail banget itu.. makasih sarannya :)

    BalasHapus
  4. dimana ada kemauan disitu ada jalan :)
    saya baca judulnya, saya kira isi nya bakal lebih bahas anak kuliah yang males berangkat kuliah.hehehe
    silakan mampir http://merizalestari.blogspot.com

    BalasHapus
  5. iya terimakasih kunjungannya.. segera ke tkp :)

    BalasHapus